Header Ads

Makna Warna untuk Desain Kamar Tidur

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sepurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Dikutib dari wikipedia.org/wiki/warna.

Warna bertindah dalam tiga cara dasar: aktif, pasif, dan netral. Anda dapat dengan mudah mencocokan suatu warna dengan keinginan prinbadi Anda, dengan selera Anda dan tujuan Anda. Membuat warna terang yang luas dan lapang dapat membuat kamar Anda tampak lebih besar dan lebih cerah, sedangkan warna gelap memberi nuansa canggih dan hangat.

Yuk kita lihat lebih dekat dan mempelajari apa saja yang bisa kita lakukan dengan mempadu padankan suatu warna pada sebuah ruangan.

Kuning menangkap kegembiraan dari sinar matahari dan mengkomunikasikan suatu kebahagiaan, warna kuning menjadi pilihan yang sangat bagus untuk dapur, ruang makan, kamar mandi, dimana warna kuning memberikan energi dan semangat. Warna kuning juga membuat ruang kecing menjadi tersa lebih luas



Walaupun kuning adalah warna yang ceria, namun kuning cenderung menciptakan perasaan frustasi dan kemarahan. Kuning juga dapat dipercaya sebagai menstimulasi saraf dan memurnikah tubuh.

Merah., warna maerah dapat menikatkan energi ruangan, warna yang paling instens memompa adrenalin, warna merah menjadi pilihan terbaik untuk membangkitkan semangat, terutama pada malam hari, warna merah dapat menarik orang untuk berkumpul dan merangsang percakapan serta memberikan kesan pertama yang sangat kuat.

Warna merah terbukti meningkatkan tekanan darah dan mempercepay pernapasan serta detak jantung. Warna merah membuat sebagaian besar cahaya lampu menjadi setengah gelap atau redup sehingga terlihat menjadi elegan dan kaya.


Biru, warna biru dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat pernapasan dan detak jantung. Itulah mengapa warna biru dianggap warna yang menenangkan, santai dan tenang, sehingga sering direkomendasikan sebagai warna kamar tidur dan juga kamar mandi, akan tetapi warna biru pastel lebih terlihat cantik, dingin dan juga menenangkan. Terutama untuk ruangan yang sedikit menerima cahaya alami.

Warna biru dikenal dengan memberikan efek menenangkan ketika digunakan sebagai warna untama ruangan, tetapi gunakan warna biru yang lebih lembut, sedangakn warna biru tua memberikan efek sebaliknya, membangkitkan perasaan sedih, jadi jangan memberikan warna biru tua untuk ruangan Anda.


Warna Netral (Hitam, Abu-abu, Putih dan juga Coklat) adalah dasar untuk perabotan dekorasi, warna netral memang keluar jauh dari mode, tetapi warna netral terletak pada feksibelitas, warna netral memberikan efek tambahan untuk menghidupkan hal-hal yang kurang menenangkan.

Warna hitam paling baik digunakan dalam dosis yang kecil. Setiap kamar memang membutuhkan sentuhan warna hitam. Jadi kira-kira warna apa yang cocok untuk ruangan Anda, dan bisa mengekspresikan diri Anda Seutuhnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.